Translate It

Monday, November 14, 2011

Mitos Di Jalan Siliwangi Bandung

Follow us on twitter @RRGhostStory and @elkoerawan

Postingan kali ini, gw bakal membahas tentang mitos yang beredar di sekitaran jalan babakan siliwangi, tepatnya di daerah bandung. Buat para pecinta cerita horor, pasti daerah ini udah bukan tempat yang asing lagi di telinga. Kalo udah denger kata jalan siliwangi bandung, pasti langsung kepikiran mitos hantu boneka. Mitos yang udah ada sejak tahun 1981, yaitu sejak terjadinya sebuah kecelakaan yang berujung pada kematian seorang anak kecil.

Cerita awalnya ( entah nyata atau sekedar cerita yang dibuat-buat ), waktu itu ada keluarga yang akan makan di daerah situ. Pas abis parkir, keluarga tersebut menyebrang. Pada saat yang bersamaan, ada sebuah mobil yang melaju dengan kencang dari arah Cihampelas, sehingga kecelakaan-pun tak terelakan dan mengakibatkan semua angota keluarga terluka parah. Saat dirawat di rumah sakit St. Carolus Bandung, Uci ( anak berumur 2 tahun dari keluarga tersebut ) terus menerus mengigau mencari boneka kesayangannya ( yang pada saat terjadi kecelakaan, terlepas dari pelukannya ). Setelah seminggu dirawat, Uci menjadi koma dan menghembuskan nafas terakhirnya.

Menurut cerita lain, boneka si anak sengaja digantung di salah satu pohon yang ada di Jalan Siliwangi. Boneka tersebut digantung sebagai simbol atau untuk memperingati kecelakaan tragis yang dialami si bocah. Kejadian tersebutlah yang dianggap menjadi awal mula adanya mitos hantu boneka di Jalan Babakan Siliwangi. Entah yang mana yang benar dan dapat dipercaya, itulah legendanya.

Mitos tersebut beredar di masyarakat hingga saat ini. Banyak warga sekitar ataupun pengguna jalan yang mengaku melihat hantu boneka yang menghampiri ataupun sedang melayang-layang di atas jalan. Hal ini menyebabkan jalan tersebut dihindari oleh warga jika sudah lewat jam 10 malam. Ada juga yang bilang, kalo liat boneka tersebut, kita akan mengalami kecelakaan atau sesuatu yang buruk. Well, itulah mitos.

Pengalaman Pribadi :

Gw pernah beberapa kali lewat jalan itu. Sekitar jam setengah 2 pagi karena harus ngurusin poster ke daerah Dipati Ukur, atau lewat sekitar jam setengah 5 pas mau naik travel ke jakarta yang poolnya ada di daerah Dipati Ukur juga. Tapi selama ini, setiap kali gw lewat situ, ataupun sengaja unuk mencari boneka ( hantu boneka ) tersebut, tetep aja hasilnya nihil. Yang gw liat ya sesuatu yang wajar dan pasti ada di berbagai tempat ( pocong, kuntilanak, dsb ).

So, itulah salah satu mitos yang ada di Bandung, tepatnya di Jalan Babakan Siliwangi. Boleh percaya, boleh juga ga. Tapi satu yang harus diyakini, boneka ataupun gadis kecil itu bukanlah arwah gentayangan hasil dari kecelakaan yang terjadi tahun 1981. Hantu tersebut murni adalah jin yang memang mendiami daerah Babakan Siliwangi. Seperti yang selalu gw tekankan, jin bisa berubah menjadi apapun, tidak terkecuali menjadi boneka. Dan menurut gw, tetap ada satu hal yang bisa menjadi pelajaran untuk kita dari mitos tersebut. Yaitu berhati-hatilah di jalan raya. Untuk pejalan kaki, usahakanlah untuk selalu berhati-hati saat berjalan di trotoar, apalagi saat sedang menyebrang. Jagalah anak kecil yang ada di sekitar kalian, entah kalian mengenalnya ataupun tidak. Untuk pengendara motor ataupun mobil, jangan ngebut atau berkendara dengan tidak sesuai aturan yang dapat membahayakan pengguna jalan lainnya. So, be careful and watch your step.

1 comment:

  1. POKERBINTANG
    BINTANGNYA POKER ONLINE INDONESIA !

    KEMENANGAN DI PASTIKAN HINGGA AKURASI 98%
    DENGAN ID PRO !!!
    PALING FAIRPLAY 100 %
    PROSES DEPO|WITHDRAW 1 MENIT
    DEPOSIT | WITHDRAW IDR 20.000

    PROMO"
    - BONUS DEPOSIT 10 %
    - BONUS TURN OVER MINGUAN 0,5 %
    - BONUS REFERRAL 10 %

    * GLOBAL JACKPOT RATUSAN JUTA!!!
    UNTUK INFO BISA HUBUNGI :
    - LINE : pokerbintang
    - WA : +6287772383534

    ReplyDelete