Translate It

Friday, January 29, 2010

Jeruk Purut ( Again ) additional part

Follow us on twitter @RRGhostStory and @elkoerawan

Ya, inilah postingan terakhir gw mengenai Jeruk Purut. Di postingan part 4 atau boleh gw sebut sebagai additional part ini, gw bakal berbagi tentang semua yang berhubungan dengan TPU Jeruk Purut. Mulai dari tempat itu seperti apa, di mana letaknya, apa aja yang dilarang di sana, sampe apa aja yang ada di sana, bakal gw kasih tau di sini. Jadi, buat yang ga baca, gw jamin pasti lo pada nyesel banget.

Pertama-tama, gw bakal ngebahas di mana dan apa sih sebetulnya TPU Jeruk Purut itu. TPU Jeruk Purut ada di Jalan Benda Atas Jakarta Selatan. Buat yang mau reservasi lahan, silahkan telpon ke 021-3851527 atau 021-3812736. Hahaha. Nah, TPU Jeruk Purut itu sama seperti TPU ( Taman Pemakaman Umum ) lainnya, yaitu lahan untuk mengebumikan orang yang sudah meninggal. Di situ cuma ada unit Islam. Artinya, yang bisa dimakamkan di situ cuma orang islam aja.

TPU Jeruk Purut secara keseluruhan ga ada bedanya dengan TPU-TPU lainnya. Yang bikin beda adalah cerita tentang sang "Pastur Tanpa Kepala" yang sangat melegenda ( lebay). Awal mula kenapa ada cerita seperti itu, dulu ( entah kapan ), ada orang / penjaga makan yang katanya pernah ngeliat pastur yang megangin kepalanya sambil bawa lentera, udah gitu diikutin anjingnya lagi. Ada yang bilang, kalo itu tuh pastur yang nyasar. Katanya, tuh pastur sebetulnya dimakamin di unit kristen TPU Tanah Kusir. Nah, yang bikin gw bingung adalah, pertama, yang namanya "Jin", tinggal merem aja udah bisa pindah ke tempat yang dia mau. Dan kedua, kata si Babe ( Kuncen Jeruk Purut ), makamnya tuh pastur emang ada di Jeruk Purut. Gw jadi bingung yang bener yang mana.

- Penghuni- penghuni Jeruk Purut
Kuntilanak, Tuyul, Genderuwo, Ibu-ibu berjilbab, Kakek-kakek, Si item, dan Pastur kepala buntung.

- Mitos-mitos yang ada di TPU Jeruk Purut
Dari hasil perjalanan gw kemaren, ada beberapa mitos yang dapat gw simpulkan. Antara lain, kalo kaki berasa kesemutan, berarti ada tuyul atau makhluk halus lain yang lewat. Kalo denger suara kuntilanak kenceng, tuh kuntilanak jauh dari lo. Kalo denger suara kuntilanaknya pelan, berarti dia ada di deket lo. Kalo ada kucing yang bengong sambil melotot, berarti dia lagi ngeliatin penampakan. Di "Pohon Benda", kalo denger ada bunyi batu kerikil dilempar 3 kali, masih bisa nyantai. Tapi kalo udah ada suara gedebuk ( batu gede dilempar ), otomatis kita harus cabut dari situ. Kalo denger suara atau ngeliat penampakan ibu-ibu, berarti dia nyuruh kita supaya pergi dari "Pohon Benda". Di "Keramat", kalo lupa ngucapin salam, jangan heran kalo lo nyium bau kentang. Kalo lupa bakar roko, sama aja kayak lupa ngucapin salam. kalo ada suara Sepatu dihentakan di keramik, berarti itulah sang legenda "Pastur Tanpa Kepala". Di "Sumur Tua", kalo ember yang ada di atas sumur itu gerak-gerak, berarti kita harus cepet-cepet pergi dari situ. Kalo kita ngeliat ada makhluk besar hitam, berarti kita sedang melihat sang penguasa Jeruk Purut, "Si Item".

- Larangan-larangan
Selama ada di sana, hal-hal yang tidak boleh dilakukan antara lain, tidak boleh berpikiran jorok, lupa mengucapkan salam, lagi dapet / haid / mens, ngambil foto pake flash yang terang, kencing sembarangan, berisik, mabok, apalagi nantangin.

oke teman-teman. Itulah posting terakhir tentang TPU Jeruk Purut dari gw. Semoga bisa bermanfaat, dan sampai jumpa di lain cerita. Wassalam.

No comments:

Post a Comment